Belajar Fisika Itu Mudah, Begini Tip Jitunya!

Sharing for Empowerment

Selain merekam, cara lain memahami konsep materi Fisika ini dengan membuat mind map-nya. Gunakan warna dan gambar yang menarik saat membuat mind-map.

Banyak Rumus yang Dihafal, Ini Caranya

Hafal rumus dapat dicapai bila rajin baca. Buatlah buku saku khusus rumus yang bisa masuk di kantongmu dan dibawa pergi ke mana pun. Cantumkan mind-map yang telah dibuat di sana. Tulislah rumus-rumus dan konsepnya dengan catatan yang menarik. Bawa buku saku itu dan bacalah saat senggang. Jangan lupa buat trik khusus agar dapat menghafal rumus.

Menentukan Rumus yang Dipakai

Kesulitan ketiga yang sering dihadapi saat menyelesaikan soal Fisika adalah menentukan rumus yang dipakai. Untuk menggunakan rumus yang tepat, kamu harus pahami dulu konsepnya. Dengan memahami konsep soalnya kamu dapat mengaitkan rumus yang satu dengan rumus lainnya. Cara ini tentu membuat belajar Fisika lebih menyenangkan.

Ilustrasi gambar juga dapat kamu pakai sebagai alternatif memahami konsep. Contohnya: sebuah benda dilempar ke atas dengan kecepatan awal 40m/s, pertanyaan atau soalnya adalah bagaimana menentukan ketinggian benda tersebut saat kecepatannya adalah setengah dari kecepatan awal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*