Matematika: Pelajaran Sangar Tanpa Hadiah Nobel

Sharing for Empowerment

Asumsi kedua adalah bahwa Nobel sebenarnya tidak menyukai Gosta Mittag-Leffer, seorang matematikawan dari Swedia yang dituduh memiliki affair dengan  istrinya.

Namun, asumsi ini terbantahkan mengingat perempuan asal Wina-Austria, Shopie Hess, yang disebut memiliki hubungan asmara dengan Nobel ternyata bukan istri Nobel. Nobel disebutkan tidak menikah dengan Sophie Hess.

Asumsi ketiga yang tampaknya lebih dapat diterima adalah bahwa Nobel ingin memberikan hadiah yang bersumber dari kekayaaanya untuk hal yang bersifat praktis dan memberi banyak manfaat bagi umat manusia. Fisika dan Kimia terbukti memberikan banyak penemuan bermanfaat dibanding Matematika yang bersifat sangat teoritis.  

Meskipun Matematika tidak mendapatkan hadiah dari Nobel, sebenarnya banyak pakar Matematika yang mendapatkan penghargaan Nobel dari bidang lain. Misalnya Bertrand Russel, matematikawan yang mendapatkan Nobel bidang sastra.

Contoh lain matematikawan yang mendapatkan hadiah Nobel bidang fisika adalah John Bardeen, Max Born, dan Walter Bothe. John F. Nash, Robert J. Aumann, Kenneth Arrow, Gerrard Debreu, dan Leonid Kantorovich adalah matematikawan yang mendapatkan hadiah Nobel di bidang Ekonomi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*