5 Tip Bagi Orang Tua Agar Anak Mau Bekerja Sama

Sharing for Empowerment

Tanamkan budaya bergiliran atau antre agar anak bisa menghargai waktu dan lingkungan sekitarnya.

Tunjukkan Bahwa Kontribusi Anak Penting

Penting bagi orang tua untuk menunjukkan mengapa dan bagaimana kontribusi anak itu penting. Jadi ketika berkomunikasi dengan anak, orang tua tidak hanya menggunakan kata “jangan, tidak”, maupun kalimat perintah lainnya tanpa memberikan alasan yang dipahami oleh anak mengapa mereka harus ikut melakukannya.

Contohnya, ketika mengajak anak untuk menyapu lantai bersama-sama tumbuhkan empati dan jelaskan pada anak bahwa melalui sapu lantai rumah akan bersih. Jika rumah bersih, tidak ada kotoran, kuman, yang membuat keluarga sakit. Rumah pun lebih terlihat bersih.

Katakan pada anak, satu pekerjaan jika dilakukan bersama-sama akan lebih cepat selesai. Hal ini juga dapat dilakukan ketika mengajak anak untuk merapikan tempat tidur atau hal lainnya.

Memecahkan Masalah Bersama-Sama

Memberikan kesempatan dan membiasakan anak untuk memecahkan masalah bersama-sama juga dapat membantu melatih anak untuk tidak menyerah pada keadaan.

Misalnya ketika membuat karya bersama dengan pesan, bahan yang diperlukan hanya ada satu, maka ajak anak untuk berdiskusi memecahkan masalah tersebut, “Bagaimana caranya ya agar kalian berdua dapat menggunakan kuas ini? Apa yang dapat kita lakukan?” tanyakan kepada setiap anak tentang pendapat mereka, lalu buat kesepakatan yang disetujui oleh mereka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*