5 Tip Bagi Orang Tua Agar Anak Mau Bekerja Sama

Anak dan ibu sedang membersihkan rumah
Ilustrasi: anak membantu orang tua di rumah (KalderaNews.com/smartmama.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Membangun keterampilan kerjasama pada anak sejak usia dini akan lebih baik daripada mengajarkan keterampilan ini pada saat anak sudah tumbuh dewasa.

Keterampilan ini bisa diberikan orang tua kepada anak agar anak paham jika manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.

Orang tua bisa mengajarkan anak mengenai kerjasama dengan mudah. Misalnya, melibatkan anak dalam aktivitas rumah tangga dengan porsi yang sesuai umurnya.

BACA JUGA:

Namun juga perlu memberikan penjelasan pada anak jika kerjasama bukan berarti anak melakukan apa yang diinginkan orang dewasa atau orang lain. Tetapi lebih menekankan pada memberi dan menerima sesuatu yang disepakati bersama-sama untuk dilakukan bersama-sama.

Nah, berikut adalah tip yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membangun keterampilan kerjasama anak:

Membiasakan Anak Bergiliran

Bergiliran adalah cara yang baik untuk membantu anak memahami lingkungan sosial. Misalnya, ada dua orang anak yang ingin menggunakan mainan mobil-mobilan yang sama, maka anak yang mendapatkan giliran pertama akan menyerahkan mobil tersebut kepada temannya setelah ia selesai menggunakannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*