Dahlan Iskan Singgung D-dimer pada Pasien Covid-19. Apa itu?

Ilustrasi perawat dengan pasien covid-19 (KalderaNews.com/Reuters)
Ilustrasi perawat dengan pasien covid-19 (KalderaNews.com/Reuters)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tulisan Dahlan Iskan di situs disway.id  mengenai D-dimer pada pasien covid-19 menimbulkan rasa penasaran publik.

Dalam tulisannya, mantan menteri BUMN ini mengatakan saat terinfeksi Covid-19 Januari lalu, tingkat D-dimer dalam darahnya mencapai angka 2.600 dari normalnya hanya 500.

“Saya bersyukur dokter memasukan D-dimer ke dalam daftar yang harus dicek. Lalu ketahuanlah angka 2,600 tersebut. Kelewat tinggi. Normalnya maksimum 500.” Tulis Dahlan.

BACA JUGA:

Ia melanjutkan, pembahasan soal D-dimer ini mulai ramai ketika salah satu rekanan di PLN meninggal dunia 10 hari setelah dinyatakan negatif Covid-19.

Tiba-tiba pasien tersebut merasa sesak napas dan kembali masuk ke ICU. Setelah diperiksa, tingkat D-dimer dalam tubuhnya mencapai 6,000.

Mengenal Lebih Dalam D-dimer

Melansir Kompas.com, dr Andi Khomeini Takdir Haruni, Sp.PD-KPsi seorang dokter spesialis penyakit dalam menjelaskan bahwa D-dimer merupakan penanda potensial terjadinya pengentalan dalam darah.

Ia menjelaskan, dalam tubuh manusia terdapat fragmen protein yang dapat membantu pembekuan darah. Saat kita jatuh dan terluka, maka fragmen tersebutlah yang membantu membentuk gumpalan/bekuan darah untuk menutup luka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*