21 Februari, Hari Peduli Sampah Nasional, Ciptakan Sampah Jadi Berkah

Ilustrasi: Hari Peduli Sampah Nasional 2021, 21 Februari. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Peduli Sampah Nasional 2021, 21 Februari. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 pada 21 Februari 2021, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengajak masyarakat mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis. Hal ini untuk mengurangi sampah di Indonesia.

“HPSN 2021 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

BACA JUGA:

Dalam Surat Edaran tentang HPSN 2021, Menteri Siti Nurbaya mengajak mengembangkan industri pengelolaan sampah, seperti industri pengumpulan dan pengangkutan sampah, industri alat dan mesin pengolah sampah, industri daur ulang, industri komposting dan biogas, serta industri sampah menjadi energi alternatif.

Pengembangan industri ini, selain membuat sampah berkurang juga menggerakkan roda ekonomi berbahan baku sampah.

Peringatan HPSN 2021 fokus pada tiga tujuan. Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, focus pertama memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*