5 Cara Tepat Rawat Motor Setelah Terendam Banjir

Sharing for Empowerment

3. Buka dan Cek Mesin Bagian Dalam

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa mesin motor. Langkah ini penting terlebih jika motor belum mau menyala. Anda dapat mengecek beberapa bagian seperti busi, karburator, bak engkol, dan bak silinder. Jika ternyata kotor atau masih terdapat air, segera bersihkan dan keringkan.

Jika motor yang Anda miliki jenis matic, segera buka bak CVT untuk memeriksa mesin. Lebih lanjut, jika ditemukan beberapa bagian mesin harus direndam, maka pilih cairan yang menetralisir asam agar tidak berkarat.

Jangan lupa cek juga filter udara pada motor. Bila terlanjur basah, segera keringkan atau diganti sesuai dengan tipe filter udara yang cocok.

4. Cek Oli Motor

Setelah selesai memeriksa bagian mesin, jangan lupa cek juga oli motor Anda. Air banjir yang masuk bisa saja bercampur dengan oli sehingga jika digunakan akan membuat performa motor tidak maksimal.

Cek warna oli Anda, jika berwarna coklat keabuan tandanya telah tercampur air banjir. Untuk itu Anda perlu segera melakukan flushing atau menguras oli. Walaupun harus membuang oli, namun hal ini lebih baik dibanding membiarkan mesin motor Anda rusak bukan?




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*