5 Cara Tepat Rawat Motor Setelah Terendam Banjir

Setelah Terendam Banjir, Rawat Motor Dengan 5 Cara Tepat Ini (KalderaNews.com/Kompas)
Kendaraan roda dua terendam banjir (Fotio: Kompas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Akibat hujan yang terus turun belakangan ini, banyak ruas jalan dan rumah harus terendam banjir. Selain menghambat aktivitas, banjir juga tak jarang merendam kendaraan seperti motor.

Apa yang harus dilakukan saat motor terendam atau terpaksa menerjang banjir? Melansir Astra Motor, simak 5 tipsnya berikut ini:

1. Tenang, Jangan Langsung Nyalakan Mesin

Motor yang terendam banjir tentu membuat Anda pusing dan khawatir. Jangan panik, setelah banjir surut tunda keinginan Anda untuk langsung menyalakan motor agar kerusakan mesin tidak semakin parah.

Air yang merendam motor dengan ketinggian melebihi mesin biasanya akan masuk ke silinder. Jika langsung dinyalakan, maka piston pada motor bisa jebo bahkan bengkok.

BACA JUGA:

2. Siram Air Bersih

Air banjir yang merendam motor biasanya membawa banyak kotoran seperti tanah, daun, ranting kecil, dan lainnya. Untuk membersihkannya, siram bagian vital motor dengan air.

Selain membuang kotoran, langkah ini perlu dilakukan mencegah beberapa bagian mesin berkarat. Setelah disiram, Anda dapat menyikat bagian tersebut lalu mengeringkannya dengan kanebo atau lap bersih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*