Lulusan Perguruan Tinggi Harus Ciptakan Lapangan Kerja, Bukan Jadi Pencari Kerja Melulu

Ilustrasi wisuda daring (KalderaNews/ Ist).
Ilustrasi wisuda daring (KalderaNews/ Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud, Aris Junaidi mengaakui salah satu tantangan besar bagi bangsa Indonesia adalah adanya beban pengangguran termasuk pengangguran terdidik. Salah satu upaya yang konkret menekan jumlah pengangguran yakni meningkatkan jumlah wirausawan di Indonesia.

Sayangnya, berdasarkan data pada tahun 2019 peringkat wirausaha di Indonesia menempati urutan ke 94 dari 137 negara dengan jumlah mencapai 3,5% dari jumlah penduduk rasio.

“Peringkat wirausaha di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Sehingga perguruan tinggi memiliki peran penting mendorong meningkatkan jumlah wirausaha muda di Indonesia,” tutur Aris dalam Sosialisasi Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) pada Senin, 8 Februari 2021.

BACA JUGA:

Aris menambahkan lulusan perguruan tinggi harus disiapkan untuk menciptakan lapangan kerja bukan meluluskan para pencari kerja. Apalagi, mahasiswa sebagai bagian generasi Z dikenal memiliki kemampuan serta keahlian lebih melalui berbagi ide kreatif dan inovatif yang dapat berkontribusi serta berperan dalam membangun perekonomian bangsa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*