Peringatan Dini Jawa Tengah, BKMG: Hujan Lebat Hingga Sepekan ke Depan

Sharing for Empowerment

Berdasarkan data AWS Stasiun Klimatologi Semarang, hujan terukur sejak jam 00.10 WIB (17.10 UTC). Intensitas hujan mulai meningkat menjadi lebat – sangat lebat sejak pukul 02.10 WIB (19.10 UTC). Periode intensitas lebat – sangat lebat berlangsung sampai dengan pukul 05.30 WIB (22.30 UTC).

Curah hujan tertinggi terukur di Pos Hujan Beringin Kecamatan Ngaliyan dengan curah hujan 183 mm, sementara curah hujan terendah di Pos Hujan Meteseh Kecamatan Tembalang yang tercatat 69 mm.

Berdasarkan Citra Satelit Himawari, awan konventif diperkirakan mulai tumbuh pada pukul 02.00 WIB dan semakin bertambah hingga menjelang pukul 07.00 WIB, pertumbuhan awan tersebut memicu hujan yang terjadi di Kota Semarang dengan intensitas ringan sejak pukul 02 WIB dan bertambah intensitas sedang-lebat pada pukul 05-06 WIB dan mulai menurun hujannya dengan intensitas ringan-sedang pada pukul 07 WIB.

Sukasno menjelaskan, analisis sementara menunjukkan aktifnya Monsun Dingin Asia dan adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*