9 Februari, Hari Pers Nasional, Begini Sejarah dan Temanya

Ilustrasi: Logo Hari Pers Nasional 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Logo Hari Pers Nasional 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari. Tanggal ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

BACA JUGA:

Hari Pers Nasional 2021 mengangkat tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”. Jakarta menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional 2021.

HPN 2021 akan menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi, dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol, Jakarta. Acara akan diikuti secara virtual oleh jurnalis anggota PWI dari seluruh Indonesia serta anggota organisasi konstituen Dewan Pers.

Presiden Joko Widodo juga rencana akan menghadiri acara puncak HPN dari Istana Merdeka secara virtual.

Sejarah Hari Pers Nasional

Pada 8 Juni 1946 di Yogyakarta, berkumpullah para tokoh surat kabar, tokoh-tokoh pers nasional, untuk mengikrarkan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS). Sebenarnya SPS telah lahir jauh sebelum 6 Juni 1946, tepatnya empat bulan sebelumnya bersamaan dengan lahirnya PWI di Surakarta pada 9 Februari 1946.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*