Waspadai Awan Cumulonimbus hingga Longsor pada Puncak Musim Hujan di Daerah-daerah ini

Apa itu Cell Awan Kumulonimbus?
Cell Awan Kumulonimbus di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, M.Si menegaskan puncak musim hujan akan terjadi di Januari dan Februari 2021. Saat ini di Januari 2021 memang tercatat sebagian besar Wilayah Indonesia, yaitu 93% dari 342 zona musim telah memasuki musim hujan.

Sebagian besar wilayah terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara saat ini hingga Februari juga telah memasuki puncak musim hujan.

Ia pun meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode puncak musim hujan ini.

BACA JUGA:

Prediksi potensi cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai untuk 7 hari ke depan terutama untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bali, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Cuaca ekstrerm tersebut sangat berpotensi berdampak pada bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor yang dapat membahayakan bagi publik, serta hujan lebat disertai kilat/petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*