Bila Terjadi Gempa, Apa yang Harus Kita Lakukan? Simak Penjelasan Berikut

Ilustrasi: Bila terjadi gempa bumi, inilah yang harus dilakukan. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Bila terjadi gempa bumi, inilah yang harus dilakukan. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahun 2021 baru menghitung hari. Tetapi bencana alam bertubi-tubi melanda. Banjir, gempa, dan tanah longsor silih berganti. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan bahwa Indonesia memang berada di kawasan berisiko bencana alam.

BACA JUGA:

Maka, kita yang tinggal di kawasan rawan bencana alam ini mesti membekali diri dengan mitigasi dan tindakan yang perlu dilakukan sebelum dan saat terjadi bencana. Nah, berikut ini panduan singkat yang perlu kita lakukan jika terjadi bencana alam gempa bumi:

Sebelum terjadi gempa

Gempa bumi memang bencana yang sama sekali tidak dapat diprediksi terjadinya. Tetapi, ada sejumlah persiapan yang bisa kita dilakukan untuk mengantisipasi bila ada gempa.

Pertama, kita mesti mengecek potensi bahaya di dalam rumah, seperti rapatkan posisi almari ke dinding, tempatkan barang besar dan berat di bagian bawah lemari, taruh barang pecah belah di bagian yang rendah dan tertutup, gantungkan barang berat seperti pigura, foto atau cermin jauh dari tempat tidur, sofa atau tempat duduk.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*