4 Manfaat Menulis yang Belum Diketahui, Bermanfaat Banget!

Sharing for Empowerment

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian sebelumnya, informasi cepat terlupakan jika tidak diperkuat, dan tulisan membantu memperkuat ingatan siswa tentang materi yang mereka pelajari.

Menulis tentang suatu topik juga mendorong siswa untuk mengolah informasi pada tingkat yang lebih dalam. Menjawab pertanyaan pilihan ganda atau dengan jawaban singkat dapat membantu mengingat secara faktual, tetapi meletakkan pemikiran di atas kertas mendorong siswa untuk mengevaluasi ide yang berbeda, menimbang pentingnya masing-masing dan mempertimbangkan urutan penyajiannya.

Dengan demikian, siswa dapat membuat hubungan baru antar ide, yang mungkin belum mereka buat saat pertama kali mempelajari informasi.

Alat Metakognitif

Siswa sering percaya bahwa mereka memahami suatu topik, tetapi jika mereka diminta untuk menuliskannya — dan menjelaskannya — celah dalam pemahaman mereka mungkin terungkap.

Salah satu strategi menulis paling efektif yang ditemukan oleh Graham dan rekan-rekannya adalah metacognitive prompting, di mana siswa diminta tidak hanya untuk mengingat informasi tetapi juga untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari ke konteks yang berbeda dengan memikirkan tentang banyak sisi posisi atau membuat prediksi. berdasarkan apa yang mereka ketahui saat ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*