Simak, 3 Manfaat Utama Bersyukur untuk Tahun yang Lebih Sehat

Ilustrasi manfaat bersyukur, bikin pagi hari jadi bermakna (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi manfaat bersyukur, bikin pagi hari jadi bermakna (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bersyukur merupakan aktivitas yang tidak bisa disepelekan, namun juga tidak terbilang mudah karena setiap manusia memiliki kondisi yang berbeda. Maka dari itu, latihan apresiasi terus menerus membuat rasa syukur menjadi kedamaian, minimal untuk diri sendiri.

Dilansir dari Pschology Today, cobalah “Latihan Tiga Hal Baik”, yaitu menuliskan tiga hal yang berjalan dengan baik bagi mereka setiap hari dan untuk merenungkan mengapa setiap hal baik terjadi. Ini adalah teknik terapis karena telah terbukti meningkatkan “perkembangan” psikologis dan menurunkan gejala depresi.

Faktanya, semakin banyak penelitian yang menyoroti betapa pentingnya ungkapan syukur bagi kesehatan sosial, emosional, dan fisik kita. Ilmuwan telah menemukan bahwa bersyukur memiliki 3 manfaat utama.

BACA JUGA:

Syukur memberikan kesejahteraan sosial

Penelitian telah menunjukkan bahwa intervensi rasa syukur seperti merefleksikan peristiwa positif sehari-hari atau membuat jurnal rasa syukur dapat memfasilitasi kesejahteraan sosial. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa membuat buku harian syukur meningkatkan sense of belonging seorang siswa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*