3 Tip Irit dan Hemat Saat Kuliah di Luar Negeri

Albert, Amelia dan pelajar Indonesia lainnya yang sedang mengenyam pendidikan di ICT Fontys
Albert, Amelia dan pelajar Indonesia lainnya yang sedang mengenyam pendidikan di ICT Fontys (KalderaNews/Fajar H)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak pelajar Indonesia bermimpi bisa kuliah di luar negeri dengan berbagai alasan. Asyiknya, kuliah ke luar negeri saat ini sudah lebih mudah dibanding di masa lalu.

Selain regulasi yang lebih mudah, saat ini juga sudah tersedia berbagai beasiswa. Ada banyak pilihan beasiswa yang bisa dipilih yang ditawarkan berbagai negara.

Kemudahan ini tentu saja menggembirakan, namun satu hal yang perlu disadari betul bahwa hidup dan kuliah di luar negeri itu tidak mudah dan murah, terutama di negara-negara Eropa, Amerika, Australia hingga Asia biaya yang dibutuhkan untyuk hidup dan studi tidak murah. Oleh sebab itu, perlu irit dalam arti mampu mengelola keuangan dengan baik.

BACA JUGA:

Pun bagi penerima beasiswa penting untuk mengatur duitnya supaya tidak boros atau cepat habis. Nah, berikut ini 5 tip yang sebaiknya dipertimbangkan untuk irit saat kuliah di luar negeri:

1). Masak Sendiri

Masak sendiri adalah solusi paling umum dan banyak dilakukan saat pelajar atau mahasiswa Indonesia kuliah di luar negeri. Uang yang bisa untuk makan sehari jika dialihkan untuk membeli bahan-bahan makanan dan dimasak sendiri di beberapa negara bisa untuk kebutuhan makan dalam 2 hari. Ada banyak keuntungan dari masak sendiri selain irit atau hemat, yakni bisa memilih menu makanan sesuai selera dan budget, lebih sehat dan pasti halal. Pastinya jajan tiap hari hanya akan membuat pembekakan pengeluaran bulanan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*