Sudah Tahu 3 Perbedaan Dasar D4 dan S1? Yuk, Simak!

Ilustrasi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengacu pada Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, S1, dan Diploma Empat (D4) bahwa keduanya merupakan sama-sama jenjang sarjana. Akan tetapi, lulusan D4 dikenal sebagai sarjana terapan. Beban SKS pun relatif sama, yaitu 4 tahun dan 144 SKS. Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan antara S1 dan D4. Apa saja?

D4 Lebih Praktik Dibanding Teori Seperti S1

Memang benar porsi praktikum D4 jauh lebih baik dibandingkan S1 yang lebih berkutat pada teori. Namun sebenarnya, porsi antara teori dan praktik di program D4 dapat dikatakan seimbang. Praktikum bertujuan untuk membuktikan teori yang telah dipelajari di kelas. Teori pada jenjang D4 sebatas pemahaman dasar.

Pilihan Program Studi dan Sistem Kelulusan

Program studi pada D4 lebih spesifik di awal jurusan. Sementara, bidang spesifik pada S1 akan dimulai pada pertengahan semester. Lalu, D4 tidak ada sistem KRS, melainkan sistem paket yang harus diselesaikan setiap semester. Selain itu, sistem kelulusan D4 berdasarkan proyek akhir yang bernama Tugas Karya Akhir (TKA). Biasanya berbentuk laporan magang atau karya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*