5 Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Karya Tulis Ilmiah, Biar Mumpuni!

Sharing for Empowerment

Cobalah untuk realistis dengan melihat kesanggupan merancang penelitian. Apakah kamu memiliki koneksi untuk mendapatkan narasumber? Apakah lokasinya dapat kamu tinjau? Berurusan dengan penelitian ilmiah bukan untuk menunjukkan kehebatan diri, tetapi mengedukasi diri sendiri atau orang lain.

Penelitian dengan Kajian Kritis

Hal sederhana bisa menjadi pembahasan menarik jika terus dikritisi. Ibarat bola salju, penelitiannya mungkin terlihat sederhana, tetapi jika optimal akan menghasilkan dampak yang besar. Maka dari itu, sesuatu yang sederhana dapat menjadi besar dengan eksekusi penelitian yang matang. Paparkan hasil penelitian di depan dosen untuk mendapatkan kajian yang berbobot.

Pilih Pedoman Penelitian

Penelitian, sesederhana apapun, memerlukan kerangka berpikir untuk menjadi pedoman. Mahasiswa dapat menggunakan kerangka berpikir Sage Research Method sebagai pedoman penelitian. Metode tersebut berupa cara meningkatkan kualitas karya ilmiah, dari segi survey, case studies, statistics, literature review, wawancara, focus group discussion, disertasi, dan desain penelitian.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*