Inilah Rute Lengkap Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Sepanjang 75,82 Km, Selesai Kuartal Ketiga 2023

Jalan Tol Trans Jawa di waktu senja
Jalan Tol Trans Jawa di waktu senja (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah terus melakukan peningkatan infrastruktur, salah satunya Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Yogyakarta-Bawen. Jalan tol ini memiliki total panjang 75,82 Km yang melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Total panjang tol di Provinsi Jawa Tengah 67,05 Km, sementara itu untuk DIY 8,77 Km. Proyek ini ditargetkan mulai konstruksi pada Agustus 2021 dan diharapkan selesai sekaligus bisa dioperasikan pada kuartal ketiga tahun 2023.

Direktur Utama PT JJB Mirza Nurul Handayan menjelaska Jalan Tol Yogyakarta–Bawen akan dibangun dengan 2×2 lajur dengan lebar lajur 3,6 m serta dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 69,68 Km dan struktur elevated sepanjang 6,15 Km di Ring Road Barat Jogja tepatnya di atas selokan Mataram.

BACA JUGA:

Rencananya, jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Semarang–Solo dan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–YIA Kulon Progo. Tujuan rangkaian ini adalah membentuk segitiga emas yang dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah khususnya Yogyakarta, Solo dan Semarang.




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*