28 November Hari Dongeng Nasional, Terinspirasi Sosok Pak Raden

Suyadi (Alm.) pemeran tokoh Pak Raden bersama boneka dalam serial Si Unyil. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Suyadi (Alm.) pemeran tokoh Pak Raden bersama boneka dalam serial Si Unyil. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Dongeng Nasional diperingati pada 28 November 2020. Hari Dongeng Nasional diperingati sejak tahun 2015. Peringatan ini dideklarasikan Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal lahir Drs. Suyadi atau yang lebih dikenal dengan Pak Raden. Pak Raden dianggap sebagai tokoh yang berjasa menghidupkan dunia dongeng di Indonesia.

BACA JUGA:

Pada masa 1980-an, muncul tayangan televisi yang sangat populer, Si Unyil. Karakter boneka ini merupakan ciptaan almarhum Suyadi.

Pak Raden merupakan tokoh utama dalam serial Si Unyil. Pak Raden adalah karakter pria Jawa berkumis tebal yang mengenakan beskap hitam, blangkon dan tongkat dengan pegangan mirip gagang payung. Tokoh yang digambarkan pelit dan pemarah ini memelihara burung perkutut dan memiliki bakat seni lukis.

Dalam serial boneka ini, suara Pak Raden diisi pencipta karakter Si Unyil yakni Drs. Suyadi. Karakter suaranya mirip tokoh wayang, Dursasana dan Burisrawa, jika marah akan mirip Baladewa. Tak semua orang bisa bersuara seperti itu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*