Ingin Pensiun Dini, Sudah Punya Rencana Keuangan Matang, Belum?

Sharing for Empowerment

Rencana Keuangan untuk Keputusan yang Lebih Baik.


Begitu banyak dari kita, mungkin juga kamu menghindari perencanaan untuk masa depan karena berpikir tidak memiliki cukup uang untuk mewujudkan apa pun. Tetapi, rencana keuangan yang baik dapat menjadi kemungkinan untuk mencapai keinginan pribadi, misalnya punya rumah pribadi.

Cobalah berusaha untuk meminimalisir pengeluaran kartu kredit. Jika punya penghasilan di atas rata-rata, maka lebih baik membeli barang dengan menabung daripada cicilan yang tidak kelar-kelar. Memang sulit, akan tetapi jauh lebih susah ketika kamu tidak memulai.

Rencana Keuangan yang Tepat Buat Kamu Santai

Alih-alih bangun di tengah malam mengkhawatirkan rekening bank kamu, kamu akan mendapatkan lebih banyak istirahat ketika tabungan pensiun sudah siap. Lalu, kamu benar-benar bisa menikmati hidup ketika tabungan sudah siap untuk digunakan.

Cobalah untuk menggunakan rumus 50% untuk belanja kebutuhan, 20% menabung, dan 20% hobi. Setiap gajian langsung masukkan ke pos masing-masing.

Menabung sekarang terbayar dalam jangka panjang.


Memulai perencanaan keuangan sejak dini tidak berarti semuanya akan beres. Menabung secara teratur menghasilkan peningkatan kekayaan yang berarti. Namanya juga menabung, tidak ada yang instan. Kadangkala ada saja inflasi 4% hingga 5% per tahun di Indonesia, godaan atau kebutuhan mendesak untuk mengambil tabungan. Meskipun begitu, menabung sedari dini untuk masa depan merupakan tindakan bijak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*