Dari Teori Konspirasi Bumi Datar Hingga Teka-teki Bumi Berbentuk Donat

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Sebuah organisasi yang percaya bahwa bumi berbentuk datar, bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah. Organisasi ini didirikan oleh seorang pria asal Inggris, Samuel Shenton pada tahun 1956 yang kemudian dipimpin oleh Charles K. Johnson. Organisasi ini tidak lagi aktif semenjak kematian Johnson pada tahun 2001, namun pada tahun 2010 Organisasi Flath Earth Society dimunculkan kembali oleh presiden barunya yaitu Daniel Shenton.

Mengutip dari The Guardian, Daniel Shenton melakukan  beberapa eksperimen untuk membuktikan bumi itu datar atau bulat. Shenton melakukan perjalanan ke perairan lurus sepanjang enam mil di sepanjang Sungai  Old Bedford di Norfolk, tempat yang terkenal dan banyak dijadikan untuk membuktikan bumi datar. Menurutnya saat menelusuri sungai sepanjang enam mil itu seharusnya ada kelengkungan, jika memang bumi itu berbentuk bulat. Tetapi menurutnya, ia tidak melihat hal tersebut pada saat melakukan eksperimen.

Shenton ini duluya menerima pandangan bahwa bumi itu berbentuk bulat, tetapi mulai mengajukan pertanyaan setelah mendengar album 1948 musisi Thomas Dolby The Flath Earth. Sejak tahun 1990-an Shenton mulai melakukan penelitian tentang bumi datar. Dan setelah melakukan penelitian lebih lanjut, akhirnya ia mempercayai bumi berbentuk datar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*