Inilah 6 Tokoh yang Akan Dikukuhkan Sebagai Pahlawan Nasional

Sharing for Empowerment

Soekanto juga dikenal sebagai pembangun struktur dan fundamen, serta peletak batu persatuan bagi Kepolisian RI. Nama Soekanto juga diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Arnold Mononutu (Sulawesi Utara)

Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu, itulah nama aslinya. Ia lahir di Manado, Sulawesi Utara, 4 Desember 1896, dan meninggal dunia di Jakarta, 5 September 1983. Arnold dikenal sebagai tokoh pergerakan dan pernah menjadi Menteri Penerangan RI pada masa Presiden Soekarno. Ia juga pernah menjadi Duta Besar Indonesia pertama untuk Tiongkok. Selain itu, ia pernah menjadi anggota Majelis Konstituante dan Rektor Universitas Hasanuddin.

Sutan Mohammad Amin Nasution (Sumatera Utara)

Ia dikenal sebagai pengacara dan penulis dengan nama pena Krueng Raba Nasution. Lahir di Lhoknga, Aceh Besar, Aceh, pada 22 Februari 1904, dan meninggal dunia di Jakarta pada 16 April 1993. Ia tercatat sebagai salah satu tokoh yang terlibat dalam ikrar Sumpah Pemuda. Ia juga pernah menjadi Gubernur Sumatra Utara dan Riau.

Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi (Jambi)

Raden Mattaher merupakan cucu dari Sultan Thaha Syaifuddin, seorang Pahlawan Nasional. Ia dikenal sebagai panglima perang yang mempunyai peran sentral dalam menumpas kolonial Belanda di Jambi. Kini, namanya abadi dalam sebuah Rumah Sakit yang berlokasi di Kecamatan Telanaipura, Jambi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*