Apa Itu Sindrom FoMO (Fear of Missing Out) yang Banyak Menjangkiti Generasi Milenial?

Sharing for Empowerment

King University menuliskan bahwa FOMO ini adalah perasaan atau persepsi bahwa hidup orang lain lebih menyenangkan dibandingkan hidup kita. Orang lain lebih nyaman dan menikmati banyak hal daripada yang kita alami. Buktinya, unggahan media sosial yang mereka tampakkan menunjukkan bahwa orang lain memiliki hidup bahagia dan menyenangkan.

Perasaan FOMO ini memantik rasa iri hati dan menurunkan citra diri (low self-esteem), yang kerap kali dipicu melalui Instagram atau Facebook. Karena itulah, kita merasa ketinggalan dan merasa tidak mampu melakukan seperti yang dinikmati orang lain

Mereka gampang terpengaruh oleh sosial media yang lambat-laun melahirkan perasaan takut ketinggalan dengan yang lainnya. Bermula dari kepo yang berlebihan, lambat-laut mereka terjangkiti sindrom FoMO.

Kaum ini takut ketinggalan dari teman, sahabat dan orang-orang dekatnya karena kebiasaan ngintip gaya hidup mereka melalui sosial media. Kaum sindrom ini lalu menggunakan segala cara supaya bisa diterima oleh orang-orang yang memiliki status sosial yang lebih tinggi atau perlente, tetapi sesungguhnya secara ekonomi “kere”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*