Mengajar Daring Baca dan Tulis untuk Anak TK Sangat Penuh Tantangan

Ilustrasi guru Taman Kanak-Kanak mengajar daring (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi guru Taman Kanak-Kanak mengajar daring (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengajar daring pada anak TK tidak bisa disamakan dengan jenjang yang lebih tinggi. Usia anak TK tergolong aktif dan penuh rasa penasaran yang tinggi.

Anak-anak di taman kanak-kanak biasanya membutuhkan banyak pergerakan dan eksplorasi, dan ini adalah hal-hal yang sulit guru lakukan pada jarak jauh, terutama harus duduk dan menatap layar.

Kelelahan merupakan hal pasti, lalu bagaimana agar guru dapat menghadapi tantangan yang unik ini?

Membangun Hubungan dengan Orang Tua dan Wali

Penting bagi guru taman kanak-kanak untuk melihat orang tua siswanya sebagai mitra. Meskipun mereka menguasai Zoom atau Google Meet, akan tetapi sebagian besar anak kecil tidak dapat masuk ke kelas online tanpa bantuan orang tua.

BACA JUGA:

Karena banyak orang tua yang bekerja dari rumah sambil mengawasi pembelajaran anak-anak mereka, guru harus membuat hal-hal sesederhana mungkin, seperti kurangi jumlah aplikasi dan gunakan satu saluran komunikasi seperti email atau pesan.

Pindah room ketika sekolah daring merupakan keluhan yang sering orang tua rasakan. Kurangi beberapa tuntutan, sambil menjaga ekspektasi tetap tinggi. Dengarkan keprihatinan orang tua siswa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*