24 Oktober, Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Begini Sejarah Berdirinya

Sharing for Empowerment

Pada 25 April 1945, perwakilan dari 50 negara hadir dalam Konferensi PBB tentang Organisasi Internasional di San Francisco. Negara yang mengirim perwakilan, yakni sembilan negara Eropa, 21 dari Amerika, tujuh dari Timur Tengah, dua dari Asia Timur, tiga dari Afrika, dan masing-masing satu dari Ukraina dan Belarusia. Kemudian ada lima dari negara persemakmuran Inggris. Polandia yang tak mengirim perwakilan, tetap diikutkan sebagai anggota PBB. Mereka berdikusi soal masalah dunia dan peran PBB, terutama politik, ekonomi, dan kesejahteraan sosial.

Hasil diskusi mereka kemudian dituangkan dalam Piagam PBB yang ditandatangani pada 26 Juni 1945 dan diumumkan pada 24 Oktober 1945. Inilah yang kemudian menjadi tonggak berdirinya PBB.

Dalam pembukaan Piagam PBB memuat tujuan PBB yaitu:

  • Menyelamatkan generasi mendatang dari bencana perang
  • Menegaskan keyakinan akan hak asasi manusia
  • Membangun kondisi di mana keadilan dan kehormatan atas kewajiban yang timbul dari perjanjian dan hukum internasional dapat dipertahankan
  • Meningkatkan kesejahteraan sosial dan standar hidup yang lebih baik dalam kebebasan yang lebih luas

PBB bermarkas di New York, Amerika Serikat. Kantor lainnya ada di Jenewa, Swiss; Wina, Austria, dan kota lainnya di dunia. Bahasa resmi yang digunakan PBB adalah bahasa Arab, Mandarin, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*