Menilik Setahun Program Pembangunan SDM Unggul Jokowi-Ma’aruf

Sharing for Empowerment

Program ini menurut saya adalah program yang sangat tepat karena harus diakui bahwa saat ini bangsa Indonesia belumlah menjadi bangsa yang unggul dibandingkan dengan bangsa lain. Salah satu alat ukur yang dapat kita gunakan untuk membuktikan hal tersebut adalah dari skor PISA (Programme for International Student Assessment).

PISA adalah studi internasional tentang prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun yang menjadi patokan dunia pendidikan internasional.

Sejak PISA pertama kali diluncurkan di tahun 2000, Indonesia belum pernah sekali pun menunjukkan keunggulannya. Pada PISA tahun 2018 yang lalu, untuk literasi Indonesia mendapatkan skor 371 sedangkan rerata negara-negara OECD mendapatkan skor 487. Indonesia mendapatkan skor 379 untuk numerasi dibandingkan rerata negara-negara OECD di 489.

Dan untuk sains Indonesia mendapatkan skor 396 sedangkan rerata negara-negara OECD di 489. Kondisi saat ini SDM Indonesia jauh dari kata unggul karena berada jauh dibawah rata-rata negara lain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*