Keren, LIPI Kembangkan Pembersih Udara Attact untuk Cegah Covid-19

Sharing for Empowerment

Sementara, fitur sinar ultra violet dalam UVGI digunakan untuk disinfeksi alias membunuh virus dengan memotong rantai genetik. Nano-trapping bertujuan menangkap partikel atau organisme berukuran nano di udara dengan bantuan membran air. Lalu, udara yang masuk ke dalam Attact akan dibersihkan oleh 18 nosel atau penyemprot. Nosel ini diisi campuran air dan sabun sebagai zat pembersih. Jenis sabun yang dapat digunakan untuk mengisi nosel itu adalah sabun mandi, sabun cuci piring, atau sabun cuci tangan.

Attact memiliki kapasitas air 50 liter dengan kebutuhan sabun cair 5 mililiter. Versi terbaru perangkat ini disertai sensor yang mampu mendeteksi jumlah orang di ruangan secara otomatis. Makin banyak orang terdeteksi, kian cepat pula Attact membersihkan udara di ruangan.

Perangkat ini bekerja mirip dengan mesin air conditioner (AC). Namun, yang membedakan yaitu udara yang dikeluarkan. Attact tidak menghasilkan udara dingin, namun lebih sejuk dan segar.

Attact dirancang untuk menjangkau ruangan dengan ukuran maksimal 10 x 10 meter. Attact juga tak memerlukan perawatan rumit, lantaran hanya perlu penggantian atau penambahan air dan sabun satu minggu sekali. Alat ini hanya mengkonsumsi daya 240 watt sehingga lebih efisien dari sisi energi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*