Keren, LIPI Kembangkan Pembersih Udara Attact untuk Cegah Covid-19

Ilustrasi: LIPI kembangkan pembersih udara untuk mencegah penyebaran Covid-19. (KalderaNews.com/Dok.LIPI)
Ilustrasi: LIPI kembangkan pembersih udara untuk mencegah penyebaran Covid-19. (KalderaNews.com/Dok.LIPI)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Klaster perkantoran menjadi salah satu penyumbang pasien positif Covid-19. Sirkulasi udara di dalam kantor diduga menjadi penyebab virus mudah menyebar dan menular antarorang.

Virus SARS-Cov-2 pemicu Covid-19 yang berukuran 0,1 mikron, bisa bertahan dan menyebar di udara. Akibatnya, lingkungan perkantoran yang mayoritas berada di ruangan tertutup memang memiliki potensi menjadi kluster penularan Covid-19. Kondisi itu terlihat dari tren peningkatan kasus di perkantoran, termasuk instansi pemerintah dan swasta.

BACA JUGA:

Kondisi ini memantik para peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia alias LIPI mengembangkan alat untuk meningkatkan mutu udara di dalam ruangan tertutup. Peneliti dari Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI pun membuat mesin untuk memperbaiki kualitas udara yang diberi nama airborne nano-trapping technology for anti-Covid treatment (Attact).

Nurul Taufiqu Rochman, Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI memaparkan bahwa Attact merupakan alat pembersih udara dengan memakai ultra violet germicidal inactivation (UVGI), sabun atau pembersih bakteri, serta trapping yang dilapisi teknologi nano. Penggabungan teknologi dan komponen itu membuat udara yang disedot akan dikeluarkan kembali menjadi lebih bersih dan sehat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*