Hai Mahasiswa Baru, Perbanyak Baca dan Jangan Copy Paste Tugas!

Ilustrasi mahasiswa baru (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mahasiswa baru (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa baru (maba) merupakan waktu emas untuk mengenali kampus dan dinamika belajar. Sebagai maba, tentunya harus mengetahui perbedaan saat dirinya masih pelajar sekolah dengan dirinya saat masuk perguruan tinggi. Mahasiswa bukan lagi siswa yang mengerjakan tugas alakadarnya, melainkan sosok pemikir berdasarkan fakta dan data.

Lalu, apa saja kebiasaan yang harus kamu terapkan sejak jadi mahasiswa baru? Setidaknya ada 4 kebiasaan yang akan kamu lakukan hingga lulus serta berguna untuk pola pikir pasca kuliah.

Terbiasa Baca Jurnal

Mahasiswa baru harus mulai membiasakan diri bangun argumentasi kuat dari banyak membaca jurnal. Baca jurnal juga berguna untuk mengerjakan tugas-tugas harian dan tugas akhir. Makin banyak referensi, maka makin mudah kamu menyusun argumen kuat untuk studi kasus tugas.

Keterampilan membaca dan mengulas jurnal memang harus diasah sejak awal. Awalnya memang sulit, akan tetapi jika terbiasa maka akan jadi lebih mudah. Jika sudah biasa, maka kamu akan lebih mudah mencari dan mendapatkan referensi ketika skripsi atau tugas akhir.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*