66 Tahun Yayasan Pangudi Luhur: Jaya di Masa Lalu, Jalan di Tempat Hari Ini?

Sharing for Empowerment

Diakui Br. Dr. Martinus Handoko, MSc., FIC dalam catatan kritisnya, tantangan dalam bidang pendidikan makin hari makin besar. Sekolah-sekolah Pangudi Luhur yang sangat jaya di masa lalu sering terbuai dengan nama besarnya, lalu kurang berusaha untuk memajukan diri, akibatnya pelan-pelan ada yang ditinggalkan oleh sebagian masyarakat pengguna, karena dirasa tidak bisa lagi bersaing dengan tuntutan zaman.

Sementara itu, bertumbuh lah juga banyak sekolah baru yang modern dan menjanjikan bermacam-macam daya tarik. Tantangan lain adalah keterbatasan sumber daya manusia maupun sumber dana dan sarana-prasarana

Sekolah-sekolah negeri yang di masa lalu dianggap kurang berkualitas karena keterbatasan sumber dana, sekarang maju pesat karena tersedianya fasilitas dan sumber dana yang memadai dari pemerintah.

Banyak sekolah swasta, mungkin juga ada Sekolah Pangudi Luhur, yang seolah-olah jalan di tempat, sehingga tahu-tahu ketinggalan jauh dari sekolah-sekolah di sekitarnya karena mereka ternyata jalan lebih cepat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*