Ragam Jenis Guru di Indonesia, Selamat Hari Guru Sedunia!

Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia dalam Bahasa Inggris (KalderaNews/Ist)
Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia dalam Bahasa Inggris (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Guru Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 5 Oktober. Kalau di Indonesia, hari guru diperingati setiap 23 November. Keduanya memiliki tujuan untuk mengapresiasi, mendukung, dan mendorong kualitas guru di seluruh dunia, termasuk Indonesia, supaya pendidikan terus maju.

Sejak diresmikannya Program Indonesia Pintar, maka anak-anak Indonesia wajib belajar selama 12 tahun, bukan lagi 9 tahun. Sejak SD, SMP, hingga SMA, para murid di Indonesia berinteraksi dengan beragam jenis guru. Terdapat penggolongan jenis guru menurut peraturan Kemendikbud Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Guru Bimbingan dan Konseling

Guru bimbingan dan konseling/konselor merupakan guru yang bertugas pada kegiatan konseling siswa pada jenjang pendidikan dasar yakni SMP/MTS/SMPLB dan pendidikan menengah SMA/MA/SMALB, SMK/MAK. Biasanya, guru ini berlokasi di kantor Badan Konseling atau akrab disingkat BK.

BACA JUGA:

Guru Mata Pelajaran

Guru mata pelajaran merupakan guru yang bertanggung jawab langsung dengan subyek pelajaran. Guru ini mengajar dan mengawasi murid pada 1 mata pelajaran yang diempunya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*