Perbedaan Hari Guru Sedunia (5 Oktober) dan Hari Guru Nasional (25 November)

Hari Guru Sedunia, Guru di Afrika
Guru di Afrika (Foto: africa.cgtn)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia. Banyak dari kita yang bertanya-tanya kenapa ada Hari Guru Sedunia, tetapi ada juga Hari Guru Nasional yang biasa diperingati setiap 25 November.

Apakah kita harus merayakannya dua kali untuk intensi yang sama yakni untuk memberikan penghormatan pada para guru kita?

BACA JUGA:

Nah, buat yang bingung, kalian di laman yang tepat untuk mengetahui perbedaannya secara komprehensif, mulai dari sejarah dan seluk-beluknya.

Hari Guru Sedunia (5 Oktober)

Hari Guru Sedunia sudah dimulai sejak 1994 oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan Education International (IE). Tujuan penetapan Hari Guru Sedunia adalah memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia sekaligus meyakinkan bahwa profesi guru itu penting untuk pembentukan generasi yang berkualitas.

Selengkapnya Baca: 5 Oktober, Hari Guru Sedunia, Begini Sejarahnya

Pada 21 September sampai 5 Oktober 1994, UNESCO dan International Labour Organization (ILO) atau organisasi buruh internasional yang dinaungi PBB menggelar konferensi di Paris, Perancis dengan melibatkan 76 perwakilan negara dan 35 organisasi internasional yang akhirnya merekomendasi mengenai status guru yang disebut Recommendations Concering the Status of Teachers.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*