Inilah 10 Ragam dan Motif Batik Nusantara Terpopuler dengan Ciri Khas dan Filosofinya

Sharing for Empowerment

8). Batik Sidoluhur

Batik Sidoluhur
Batik Sidoluhur (KalderaNews/Ist)

Batik asal Solo ini biasanya dipergunakan saat pernikahan dan dipakai pengantin wanita saat malam pengantin. Filosofi dari batik ini adalah sebuah bentuk doa kepada pemakainya agar senantiasa menjadi orang yang terhormat dan bermartabat. Sesuai dengan namanya, motif ini bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi dan dapat menjadi panutan masyarakat (keluhuran).

9). Batik Tambal

Batik Tambal
Batik Tambal (KalderaNews/Ist)

Batik asal Yogyakarta ini dari katanya “Tambal” memiliki fungsi untuk menambal atau memperbaiki sesuatu yang kurang atau rusak. Secara filosofis lantas mengandung makna spiritual bisa menyembuhkan orang sakit. Tak mengherankan, pada zaman dahulu batik ini digunakan untuk menyelimuti orang yang sakit. Kain batik bermotif tambal dipercaya bisa membantu kesembuhan orang yang sakit dengan cara menyelimutkannya. Motif batik yang khusus untuk tambal ini dipercaya dapat membantu kesembuhan.

10). Batik Pring Sedapur

Batik Pring Sedapur
Batik Pring Sedapur (KalderaNews/Ist)

Batik asal Magetan ini cukup sederhana motifnya. Pring Sedapur berarti serumpun pohon bambu. Tanaman bambu biasa hidup bergerombol dan membentuk satu kekuatan, dan jika diurai bisa menjadi tali yang erat. Kadang motif bambu yang dipadukan dengan burung cukup menarik untuk dinikmati. Motif batik yang memang didominasi bambu dan burung ini secara filosofi menyimbolkan sebuah kerukunan dan ketentraman hidup.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*