Inilah 10 Ragam dan Motif Batik Nusantara Terpopuler dengan Ciri Khas dan Filosofinya

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Diketahui, batik yang merupakan kain khas Indonesia ini secara etimologi sebenarnya berasal dari bahasa Jawa ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau matik.

Dalam perkembangannya, kedua kata menjadi istilah batik yang dapat diartikan sebagai membuat titik-titik pada kain yang lebar. Selanjutnya, batik juga diartikan secara lebih umum sebagai kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain.

Nah, karena Indonesia ini sangat beragam maka motif batik pun pada dasarnya sangat beragam. Berikut ini ragam batik yang paling populer atau kerap didengar:

1). Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung
Batik Mega Mendung (KalderaNews/Ist)

Batik asal Cirebon ini tentu mudah diingat dari namanya yang sedikit melankolis. Nah, sesuai dengan namanya motif batik ini menampakkan gumpalan awan di langit luas yang dipercantik dengan tujuh gradasi warna yang seolah-olah menciptakan nuansa mendung. Para pembatik keraton menuangkan budaya dan tradisi China ke dalam motif batik yang mereka buat, tetapi dengan sentuhan khas Cirebon, jadi ada perbedaan antara motif mega mendung dari China dan yang dari Cirebon. Mega artinya awan dan Mendung artinya langit kelabu penanda akan segera turun hujan maka ketika digabung menjadi mega mendung menjadi awan mendung. Menariknya, filosofi motif mega mendung adalah bahwa manusia harus bisa meredam gejolak amarahnya dalam kondisi dan situasi apapun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*