Tak Bisa Gantikan Riset Lapangan, Begini Kelebihan dan Kekurangan Metode Riset Digital

Metode riset digital
Metode riset digital (Foto: Getty Images)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Strategi penelitian di lembaga penelitian khususnya bidang sosial dan humaniora di tengah pandemi Covid-19 perlu strategi baru. Menurut Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Tri Nuke Pudjiastuti, metode riset digital adalah strategi baru yang dikembangkan dalam upaya pengumpulan dan pengolahan data maupun visualisasi.

Strategi ini memudahkan para peneliti untuk dapat mengumpulkan data primer dan sekunder tanpa tatap muka secara langsung. Sehingga pemanfaatan metode penelitian berbasis digital dapat menjadi kekuatan baru bagi penelitian sosial dan humaniora, khususnya dalam visualisasi hasil riset, skala penelitian dan intensifikasi waktu penelitian.

Namun ia menegaskan metode riset digital ini praktis, tetapi kegiatan lapangan tatap muka masih diperlukan dan tidak tergantikan. Metode digital bukan merupakan pengganti riset-riset lapangan, tetapi menjadi pelengkap tersendiri yang sudah tidak bisa diabaikan, mengingat adanya adaptasi perubahan pada masyarakat di era revolusi industri 4.0.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*