Daya Tarik Cyber Security di MIT SGU, Seru Seperti Mempelajari Teknik dalam Sepak Bola

Sharing for Empowerment

Graduate School of Swiss German University sebagai universitas internasional pertama di Indonesia melalui kelas secara khusus mengelobrasi cyber security secara komprehensif.

“SGU punya konsentrasi kurikulum untuk cyber security yang kita sebut dengan data science cyber security. Dengan data science security ini kita ingin mahasiswa belajar dan mampu menggunakan data science, yaitu ilmu untuk melakukan analisis data untuk kepentingan cyber security.”

Ia pun menegaskan cyber security ini yang paling penting sebenarnya bagaimana mendeteksi ancaman cyber. Kalau bisa mendeteksinya lebih awal maka bisa mengantisipasinya lebih awal pula.

“Makanya kita mau mengajarkan pada mahasiswa di SGU supaya melakukan deteksi lebih dini atau lebih awal.”

Secara khusus, kurikulum di MIT SGU disusun supaya mahasiswa memiliki kompetensi cyber security yang mumpuni dari dua sisi. Sisi pertama adalah offense (menyerang) dan sisi kedua defense (mempertahankan).

“Seperti sepak bola, ada tim yang menyerang, ada tim yang menahan. Begitu juga dalam cyber security, kita belajar bagaimana attacker menyerang dan bagaimana kita harus defense (bertahan). Di kurikulum SGU kita mengajarkan dua-duanya: mempelajari bagaimana attacker itu melakukan penyerangan dan bagaimana kita harus defense.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*