Tak Bisa Gantikan Riset Lapangan, Begini Kelebihan dan Kekurangan Metode Riset Digital

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

“Satu hal yang ditekankan di dalam penguatan metode digital di dalam upaya pembangunan infra struktur digital adalah etika penelitian untuk tetap mempertahankan signifikansi ilmiah dan validasi data,” tandasnya seperti dikutip dari situs resmi LIPI.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Bachtiar Rifai juga mengiyakan bahwa pemanfaatan metode digital bukan berarti menghilangkan metode konvensional yang telah terbangun dalam reputasi ilmiah penelitian.

“Metode digital juga relatif efisen secara waktu dengan ketiadaan mobilitas peneliti ke objek,” jelas Bachtiar. Dirinya juga menyebutkan salah satu keunggulan metode penelitian digital adalah mengurangi sekat atas dimensi keruangan, waktu dan jarak antara peneliti dan obyek penelitian sehingga diharapkan mampu mendekati kondisi selayaknya interaksi langsung.

Peneliti Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI, Ibnu Nadzir, juga menjelaskan metode riset digital dari sisi pendekatan etnografi adalah sangat adaptif terhadap obyek kajian yang diteliti termasuk pada keragaman variasi perangkat digital.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*