Mahasiswa ITS Raih Emas di Ajang Young National Scientist Fair (YNSF) 2020

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih emas pada ajang Young National Scientist Fair (YNSF) 2020
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih emas pada ajang Young National Scientist Fair (YNSF) 2020 (KalderaNews/Dok. Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil merebut emas berkat rancang bangun Integrated Smart and Sustainable Container Hospital di ajang Young National Scientist Fair (YNSF) 2020.

Bangunan rumah sakit kontainer tersebut dirancang oleh tim Departemen Fisika Mahasiswa ITS 2017. Tim beranggotakan 6 orang yang terdiri dari Robert Ciputra Hermantara, Handy Suryowicaksono, Syaharussajali, Akbar Anugrah Putra, Aulia Rayimas Tinkar dan Bagas Hani Pradipta. Ide kontainer berasal dari permasalahan membludaknya pasien Covid-19 yang menyebabkan kapasitas di rumah sakit melampaui batas.

Robert Ciputra Hermantara selaku ketua tim menjelaskan bahwa penularan virus akan semakin tinggi apabila rumah sakit sudah over capacity. Maka dari itu, ide kontainer tercetus untuk memudahkan pemindahan pasien dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Oleh sebab itu, ide kami menggunakan kontainer dengan memanfaatkan sifat portable-nya, sehingga mudah untuk dipindahkan dan dilengkapi fitur smart system,” ujarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*