Cara Esensial Biasakan Siswa Pakai Masker

Ilustrasi anak selalu pakai masker di sekolah. Meskipun jumlah pembelajaran masih sedikit, sekolah harus terus mengingatkan siswa pentingnya pakai masker (KalderaNews/Ist).
Ilustrasi anak selalu pakai masker di sekolah. Meskipun jumlah pembelajaran masih sedikit, sekolah harus terus mengingatkan siswa pentingnya pakai masker (KalderaNews/Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 belum usai. Meskipun sekolah di zona kuning dan hijau diperbolehan untuk tatap muka, akan tetapi jumlahnya masih sangat sedikit. Sekolah yang buka mewajibkan siswa untuk pakai masker. Meskipun begitu, terkadang pihak sekolah masih gagap untuk membuat siswa betah dan terbiasa dengan masker.

Pendidikan mengenai masker wajib diperhatikan oleh para tenaga pendidik. Ciptakan ruang aman di tengah kerentanan dan kekhawatiran. Beberapa strategi dapat diterapkan agar siswa terbiasa selalu pakai masker dan tidak lepas pasang.

Tekankan Rutinitas Baru

Guru merupakan panutan bagi muridnya. Jika guru patuh memakai masker, maka siswa akan mengikutinya. Guru harus punya tujuan untuk menciptakan suasana kelas yang aman untuk mengurangi rasa cemas mereka. Pastikan kepada siswa bahwa masker dapat meminimalisir risiko daripada tidak pakai sama sekali. Tekankan pula cara penggunaan masker yang baik dan benar yaitu tidak asal lepas pakai.

BACA JUGA:

Edarkan Surat Protokol Kesehatan yang Tidak Alakadarnya

Sekolah harus membangun hubungan baik dengan orang tua dan wali murid. Surat untuk orang tua yang berisi uraian prosedur dan penjelasan dapat mengurangi kecemasan mereka ketika mengirimkan anak ke sekolah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*