Siapa pun Ditantang Jadi New Learner Saat Pandemi Covid-19

Sharing for Empowerment

Selain itu, pada awalnya dosen adalah pusat dari perhatian kelas, namun saat ini telah terdesentralisasi. Mahasiswa atau pelajar mengalami resentralisasi. Dosen harus berbagi dengan pelajar sebagai subyek atau pusat pembelajaran.

Ia menegaskan mahasiswa atau pelajar tidak lagi menjadi obyek pembelajaran melainkan subyek. Pelajar pun telah masuk kepada sistem self-determined learning. Mereka yang menentukan apa yang mau dipelajari dan bagaimana cara mempelajarinya.

Saat ini, peran dosen atau pengajar adalah sebagai pendamping yang menemani proses pembelajaran yang telah dipilih oleh subyek.

Namun, harus diingat juga bahwa proses pembelajaran bukan hanya mencemerlangkan pelajar, tapi memanusiakan mereka. Proses memanusiakan inilah yang akhirnya sulit dilaksanakan melalui new learning process yang bergantung pada daring.

Maka, sistem pembelajaran perlu memperkenalkan heutagogi. Heutagogi adalah pendekatan sistem pembelajaran dimana pelajar bebas untuk menentukan sendiri arah belajarnya, dosen bertindak sebagai fasilitator yang bertugas untuk mempermudah proses belajar yang dipilih pelajar itu sendiri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*