Perjuangan UMKM untuk Raih Kemerdekaan Berbisnis

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo bersama SMESCO dan Kreatifhub menggaungkan kampanye agar UMKM kembali lagi ke kemerdekaannya sebagai tulang punggung negara. Diakui oleh Leonard Theosabrata bahwa dampak pandemi Covid-19 membuat UMKM lebih banyak yang hilang daripada bertumbuh.

“Sebelum ada pandemi UMKM memang tulang punggung negara. Impact pandemi menjadi seperti apa? Ada yang tumbuh, ada yang hilang. Sorry to say, lebih banyak yang hilang daripada yang tumbuh,” ujar Direktur Utama SMESCO Indonesia tersebut.

Selain UMKM, pekerja kreatif juga terkena imbas pandemi. Bayu Fajri merupakan salah satu pekerja kreatif yang memutuskan untuk berubah haluan dari penggiat sound system menjadi UMKM di bidang sayuran.

Ia mengakui bahwa perjalanan bisnisnya tidak mudah. Ia berani memulai dari awal dan rela belajar tentang sayuran. Ia berkonsultasi dengan rekannya, Beawiharta, yang terjun ke dunia periklanan mengenai ilmu fotografi. Menurutnya, konten sebagai branding merupakan salah satu kunci agar masyarakat tahu dan membeli produk.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*