IPB University dan PT SMI Eratkan Kelembagaan Bank Sampah

IPB University bersama PT SMI gelar Focus Group Discussion Bank Sampah di Desa Pasarean (KalderaNews/Dok. IPB University)
Sharing for Empowerment

BOGOR, KalderaNews.com – Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (ESL FEM) IPB University  menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertema “Revitalisasi Kelembagaan Bank Sampah Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan.” Acara dihadiri oleh perwakilan RT/RW setempat, Ketua dan Sekretaris Departemen ESL, pengurus Bank Sampah Srikandi Berdikari (BSSB), Yayasan Darul Hijrah, dan perwakilan kantor desa. Diskusi diadakan dalam rangka memajukan kelembagaan Bank Sampah di Desa Pasarean.

Dilansir melalui situs resmi IPB University bahwa program yang diberi nama PERKASA ini mencakup bahasan mengenai penyetaraan gender (gender equality), pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan barang sisa/sampah. Dr Ahyar Ismail selaku Ketua Departemen ESL FEM IPB University menjelaskan bahwa bentuk kegiatan ini sudah dimulai sejak 2016 dengan Desa Pasarean sebagai mitra.

Awal mulanya, Departemen ESL mendapatkan dana hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) untuk pengelolaan sampah dan pertanian organik. Lalu, program binaan tersebut berjalan dengan baik hingga 2020 Departemen ESL memperluas jaringan kerja sama dengan PT SMI untuk pembinaan warga yang lebih baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*