Bukan Dongeng Dari India: Anak Petani Sederhana Diterima di Cornell

Sharing for Empowerment

Dan keberuntungan ternyata menghampiri orang yang konsisten dan berteguh pada pendiriannya.

“Kebetulan guru-guru dan pembimbing saya di Delhi memberi saran bahwa saya berpeluang diterima di perguruan tinggi papan atas AS jika saya mengambil Ilmu Sosial. Ada banyak universitas di dalam negeri yang mau menerima saya dengan nilai akademis yang saya peroleh. Tetapi, bahkan perguruan tinggi di luar negeri pun akan menerima saya. Maka saya melamar ke Cornell University dan mengikuti ujian SAT,” kata dia.

Si Anak Petani Sederhana itu kini sedang berbahagia bersama orang tuanya. Sekarang ia masih memiliki waktu bersama mereka di desa kelahirannya, Sarasan, sebelum bersiap berangkat ke Amerika Serikat tahun depan.

“Setelah nanti menyelesaikan studi, dan mendapatkan pengalaman kerja di AS, saya akan kembali pulang ke India dan bekerja di sini di sektor pendidikan,” kata Anurag.

Demikianlah kisah Anurag si Anak Petani. Mungkin seperti dongeng. Tapi ini bukan dongeng.

* Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan. Buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), The Beautiful Sarimatondang (2020), Perempuan-perempuan Batak yang Perkasa (2020) dan Kerupuk Kampung untuk Gadis Berkacamata Bill Gates (2020).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*