Pertama Kali dalam 136 Tahun Stadion di Irlandia Dipakai untuk Salat Idul Adha

Stadion Thomas Croke di Dublin, Irlandia (The Guardian)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com— Untuk pertama kalinya dalam 136 tahun, Stadion Thomas Croke di Dublin, Irlandia, dipakai untuk salat Idul Adha pada hari Jumat, 31 Juli 2020.

Pemilik stadion ini adalah Gaelic Athletic Association (GAA), organisasi yang menaungi olah raga sepakbola tradisional Gaelik, nama lain untuk bangsa Irlandia.

Selama ini GAA dikenal sebagai organisasi dengan identitas Katolik, nasionalis dan konservatif. Thomas Croke sendiri adalah nama seorang uskup agung Irlandia pada era 1880-an. Ia dikenal sebagai tokoh nasionalis Irlandia yang memimpin gerakan perlawanan terhadap Inggris.

BACA JUGA:

Stadion ini di masa normal dipakai untuk mempromosikan olah raga tradisional Irlandia, sebagai perlawanan terhadap hegemoni Inggris. Sampai tahun 2001 stadion ini tidak memperbolehkan polisi dan tentara Inggris memasukinya.

Namun pada hari Jumat ini stadion itu memperlihatkan identitasnya yang lain, yaitu identitas inklusifnya.

Pandemi COVID-19 yang membatasi pertemuan-pertemuan di dalam ruangan di Inggris, mendorong para pemimpin Muslim Irlandia mengajukan permohonan untuk memakai stadion tersebut untuk salat Idul Adha.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*