29 Juni Hari Keluarga Nasional, Berikut Sejarah dan Inspirasi Ucapannya

Sharing for Empowerment

Nah, pada 22 Juni 1949, Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang kembali kepada keluarganya. Momentum inilah yang melandasi lahirnya Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Tanggal 29 Juni 1970 juga menjadi puncak kristalisasi gagasan Keluarga Berencana untuk diperkuat melalui pembentukan suatu program, sehingga tanggal tersebut dikenal dengan tanggal dimulai Gerakan KB Nasional.

Haryono Suyono menjadi salah satu penggagas Hari Keluarga Berencana Nasional. Presiden Soeharto menyetujui gagasan itu dan lahirlah Hari Keluarga Berencana Nasional yang diperingati tiap 29 Juni.

Pemilihan tanggal 29 Juni dikarenakan pada tanggal dan hari tersebut Tentara Republik Indonesia yang bergerilya dalam perjuangan melawan penjajah masuk ke Yogyakarta dan kembali ke keluarga masing-masing.

Keberhasilan program KB pun menjadi tempat pembelajaran bagi negara-negara lain. Program Kependudukan dan KB berhasil meraih penghargaan UN Population Award. Hingga pada 15 September 2014, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*