29 Juni Hari Keluarga Nasional, Berikut Sejarah dan Inspirasi Ucapannya

Ilustrasi: Hari Keluarga Nasional 2020. (Ist)
Ilustrasi: Hari Keluarga Nasional 2020. (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari ini, 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Namun, peringatan ini belum terlalu dikenal masyarakat.

BACA JUGA:

Di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat juga memperingati Hari Keluarga atau Family Day pada hari Minggu pertama bulan Agustus. Sementara di Australia, Family Day dirayakan pada Selasa minggu pertama bulan November. Dan, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menetapkan 15 Mei sebagai Hari Keluarga Internasional.

Seperti dikutip dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Harganas diperingati untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dalam keluarga. Sementara sejarah penetapan Harganas bisa dilacak dari masa pasca kemerdekaan Indonesia pada 1945.

Setelah memproklamasikan kemerdekaan, bangsa Indonesia kembali dihadapkan pada perang revolusi fisik, lantaran kembalinya Belanda. Situasi ini membuat kondisi bangsa belum kondusif, maka untuk mempertahankan kemerdekaan, diberlakukan wajib militer bagi rakyat. Hal ini menjadikannya para pejuang berpisah dengan keluarga.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*