Kisah Mahasiswa Indonesia yang Memberikan Pidato di Harvard Law School

Andhika Putra Sudarman. (Ist.)
Andhika Putra Sudarman. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Harvard University boleh dikatakan salah satu kampus yang diimpikan setiap mahasiswa di seluruh dunia. Saban tahun, Harvard Law School hanya menerima sekira 800 mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

BACA JUGA:

Nah, tahun ini, Andhika Putra Sudarman menjadi satu-satunya orang Indonesia yang lulus dari Harvard Law School. Tapi, ia tak sekadar lulus. Pria asal Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang merupakan “Harvard Law School’s Class Marshal” ini lulus dengan penghargaan “Harvard Law School’s Dean’s Award”. Tak hanya itu. Andhika juga memberikan pidato di hari kelulusan Harvard Law School mewakili kelas angkatan “Class of 2020”.

Andhika, putra asal Tanjung Pinang lulusan SMA Negeri 1 Tanjung Pinang, masuk Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) melalui Ujian Tertulis tahun 2011. Ia menyandang predikat Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2014.

“Saya cukup beruntung karena sudah banyak senior sebelum saya yang membagikan pengalaman mereka, sehingga saya pun bisa memaksimalkan waktu saya di sini. Saya juga di sini berkat LPDP, pajak masyarakat Indonesia. Kalau saya tidak benar-benar memanfaatkan, saya merasa bersalah pada rakyat-rakyat yang mau makan saja susah,” kata Andhika.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*