Henrikus Suroto, Guru di Magelang, Mendunia karena Dedikasinya Mengajar di Tengah COVID-19

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Nada serupa dituliskan oleh kantor berita AFP beberapa hari sebelumnya.

“Guru Henrikus Suroto berjanji bahwa murid-muridnya tidak akan tersingkir dari pendidikan mereka ketika pandemi global memaksa sekolah ditutup di desa Kenalan yang terpencil di Indonesia.

Henrikus Suroto bersiap melakukan perjalanan menemui muridnya (Reuters)

“Maka dia berani melewati jalan pegunungan yang berangin dan tebing terjal untuk mengunjungi komunitas pertanian miskin di Jawa Tengah, dimana kelas secara online tak masuk dalam hitungan karena kurangnya layanan Internet – kemewahan yang hanya dimiliki beberapa orangtua.

“Suroto tidak hanya mempertaruhkan jiwa atau kemungkinan terserang penyakit serius COVID-19, ia juga melanggar perintah pemerintah untuk tidak mengadakan kelas pribadi untuk mencegah penyebaran penyakit,” tulis AFP, dikutip oleh The Jakarta Post pada 12 Juni 2020, dalam tulisan berjudul Pandemic No Match for Indonesia’s Door to Door Teachers.

Suroto mengemukakan alasan yang unik tentang tindakannya. “Saya seorang guru, adalah tanggung jawab saya untuk melakukan ini. Saya harus menemani dan mengajar murid-murid saya,” kata Suroto kepada Reuters.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*