Henrikus Suroto, Guru di Magelang, Mendunia karena Dedikasinya Mengajar di Tengah COVID-19

Henrikus Suroto bersama murid-muridnya di desa Kenalan, Jawa Tengah (Reuters)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Nama Henrikus Suroto beberapa waktu terakhir mendunia di sejumlah media internasional. Kiprahnya menemui langsung murid-muridnya di desa-desa terpencil di Jawa Tengah, dengan berjam-jam mengendarai sepeda motor dan berjalan kaki, telah menarik perhatian media terkemuka dunia.

“Ketika pandemi coronavirus memaksa sekolahnya di pulau Jawa di Indonesia tutup, guru Henrikus Suroto sadar bahwa dia tidak bisa mengandalkan pelajaran secara online untuk murid-muridnya yang tinggal di daerah terpencil yang tidak memiliki akses internet atau bahkan sinyal telepon,” demikian kantor berita Reuters, memulai laporannya tentang Henrikus Suroto pada 23 Juni 2020, dengan judul Dedicated Indonesian teacher rethinks remote learning for offline pupils.

“Untuk memastikan mereka bisa terus belajar, guru sekolah dasar berusia 57 tahun itu memutuskan untuk pergi menemui mereka — menghabiskan sekitar enam jam sehari bepergian dengan sepeda motor dan berjalan kaki — untuk mencapai beberapa komunitas terpencil di daerah perbukitan Magelang, Jawa Tengah,” tulis Reuters.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*